Wikipedia

Hasil penelusuran

Translate

My School

My School
SMPN 1 Panumbangan

Kenapa Ya, Mood Kita Langsung Menurun Saat Hujan?



Karena sekarang sedang musim hujan, karena saya dapet idenya pas hujan, dan karena saya nulis ini pas hujan, jadi sekarang saya mau bahas tentang hujan. Langsung aja ya!
Tapi saya mau ngasih pertanyaan dulu.
1.Apa yang kalian rasakan pada saat hujan turun?
2. Apa yang biasa kalian lakukan pada saat hujan?
Buat kalian yang menjawab pertanyaan diatas dengan jawaban:
1.Galau,sedih dan rindu.
2.Dengar lagu melonkolis,nangis,males ngapa ngapain, males keluar, tidur,murung,nutup diri di kamar, menyendiri  dll.


Hati hati, buat kalian yang mengalami gejala seperti yang saya tulis di atas, bisa jadi kalian mengalami salah satu penyakit bernama Seasonal Affective Disorder, karena kepanjangan jadi disingkat saja ya dengan SAD, penyakit ini biasanya diderita oleh penduduk di negara dengan 4 musim, tapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi di negara dengan 2 musim seperti di Negara Indonesia kita tercinta ini. Biasanya terjadi pada saat bulan bulan tertentu yang banyak terjadi hujan yaitu pada bulan September sampai Februari. Kebanyakan penderitanya adalah perempuan dengan umur antara 15 sampai 55 tahun. Secara ilmiah penyakit ini merangasang Neurotranmitter(senyawa penyebab mood di otak), sedemikian rupa sehingga menghasilkan suasana sedih dan depresi pada saat hujan. Jangan anggap penyakit ini sepele karena jika kalian sudah mengalami gejala penyakit ini selama dua musim terakhir, kalian harus segera memeriksakan diri ke dokter.




Tapi jangan khawatir, saya juga akan memberikan trik dan tips agar kalian dapat mengurangi dan mengatasi rasa sedih galau atau apalah itu saat hujan. Berikut ini tipsnya:
1.Carilah tempat dengan pencahayaan yang cukup.
Terapi cahaya juga dianjurkan bagi para penderita SAD, karena sebenarnya yang mempengaruhi mood saat hujan adalah cahaya yang minim.
2. Dengarkan musik melonkolis atau yang bernada sedih.
Aneh memang, tapi beberapa ilmuwan telah membuktikan bahwa musik melonkolis dapat membuat hati menjadi lebih tenang,karena cenderung bisa untuk meluapkan emosi.
3.Berdiri dengan kepala di bawah.
Tapi buat kalian yang belum terlatih, kalian bisa melakukan hal ini dengan cara bersender pada dinding.
4.Perbanyak berdiri.
Bisa dilakukan dengan berjalan jalan sebentar.
5. Makan dark coklat.
Pernah mendengar bahwa coklat bisa membuat seseorang menjadi bahagia, nah kali ini juga sama, coklat dapat membuat mood seseorang menjadi lebih baik. Tapi ingat, coklat yang dianjurkan disini adalah coklat tanpa gula, atau coklat dengan kandungan coklat sebesar 60 sampai 70%.

Leave a Reply